Selasa, 30 Juni 2015

Hukum Mimpi Basah Saat Puasa

10.06


Hukum Mimpi Basah Saat Puasa. mudah-mudahan romadhon kali ini ilmu kita semakin bertambah karena termasuk rugi ketika bulan ramadhan kali ini ilmu kita sama atau malah berkurang dari pada bulan puasa tahun lalu. tanda dari ilmu kita semakin bertambah adalah semakin tahu hukum-hukum islam mengenai ibadah dan amalan lainnya dari pada sebelumnya. jika dulu kita belum tahu bagaimana hukum puasa jika lupa mandi junub sampai masuk waktu subuh, sekarang kita tahu bahwa tidak batal puasa jika orang lupa mandi wajib setelah hubungan suami istri dan telah masuk subuh.

pertanyaan diatas mungkin bagi sebagian orang dianggap sepele seperti halnya bagaimana hukum mimpi basah ketika puasa batal ga adalah hal yang sangat penting. bahkan ini akan menjadi kerugian yang besar dan bahkan berdosa karena suatu kewajiban bagi setiap seorang muslim untuk mengetahui ilmu suatu amal sebelum dia mengerjakannya. jika seseorang mengerjakan suatu amal tapi tidak tahu ilmunya maka dapat dipastikan dia ngawur dalam menjalankannya dan tentunya tidak sesuai dengan apa yang dituntunkan nabi Muhamad Shallallahu alaihi wasallam. seperti seseorang yang membatalkan puasa karena belum mandi besar setelah jima' padahal puasanya tetap sah sedangkan membatalkan puasa ramadhan tanpa alasan syar'i adalah dosa yang tidak kecil. begitu juga Hukum Mimpi Basah Saat Puasa maka dari itu setiap muslim diwajibkan belajar ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat.

namun pada saat ini kita tidak sedang membahas materi kewajiban bagi setiap muslim untuk menuntut ilmu agama islam sebelum mengamalkannya dan juga tidak sedang menjelaskan tentang bagaimana hukum seseorang yang lupa mandi junub padahal sudah masuk waktu subuh. akan tetapi yang akan dipaparkan saat ini adalah bagaimana Hukum Mimpi Basah Saat Puasa sunnah atau ramadhan. tentu tidak sedikit diantara kita yang pernah mengalaminya dan tidak tahu apakah puasanya sah atau batal sedangkan mau tanya ke ustadz juga malu. nah disini tempat paling tepat untuk belajar agama islam tanpa harus malu untuk bertanya apapun yang berkaitan dengan mimpi basah setelah sahur.

materi tentang kebersihan yang termasuk diantaranya mimpi basah dalam islam mendapatkan perhatian yang sangat serius dan penting. selain banyaknya dalil yang rinci mengenai kebersihan baik dalam Alquran dan Hadits juga hampir mayoritas kitab fikih membahas bab thaharah atau kebersihan ini di bab pertama atau awal buku. sehingga seseorang sebelum belajar bab lain dalam kitab fikih terlebih dahulu pasti membahas tentang soal kesucian. mimpi basah adalah keadaan dimana sperma seseorang keluar ketida sedang tidur. artinya jika seseorang tidur dan saat bangun dia mendapati sperma keluar dari tubuhnya maka itu dinamakan mimpi basah pada pembahasan kali ini. bagaimana Hukum Mimpi Basah Saat Puasa batal tidak, akan dibahas sesaat lagi.
Hukum Mimpi Basah ketika Puasa
ilustrasi - konsultasisyariah.com

Hukum Mimpi Basah Saat Puasa

sebelum dibahas apakah hukum mimpi basah pada saat puasa lebih lanjut seperti apa, perlu diketahui bahwa mimpi basah dapat terjadi pada lelaki (laki-laki atau pria) dan wanita (perempuan). dan hal yang tidak tercakup pada materi puasa kali ini jika mimpi basah terjadi sebelum atau sesudah sahur karena tentu hal ini tidak membatalkan puasa karena patokan perbuatan membatalkan puasa jika dilakukan setelah memasuki waktu subuh atau siang hari. sedangkan mimpi basah di malam hari saat bulan puasa tidak termasuk materi pembahasan kali ini.

mimpi basah di siang hari ketika puasa apa hukumnya ? perlu diketahui bahwa mimpi basah tidak membatalkan puasa berdasarkan hadits Nabi SAW bersabda ; "pena catatan amal diangkat (tidak dicatat amalnya, pen.) untuk tiga orang : orang gila sampai dia sadar, orang tidur sampai dia bangun dan anak kecil sampai dia baligh (HR. Nasa'i 3432, Abu Daud 4398, Turmudzi 1423 dan dishahihkan Syuaib Al-Arnauth).
Hukum Mimpi Basah ketika Puasa
hadits tiga keadaan seseorang yang tidak dicatat amalnya
dan ini karena orang yang mimpi tidak mempunyai kehendak dan kesengajaan terhadap apa yang terjadi pada dirinya. selain itu orang yang tidur juga tidak mempunyai pilihan untuk tidak mengerjakan atau mengerjakan apa yang dilakukannya ketika tertidur. begitu juga Hukum Mimpi Basah Saat Puasa di siang hari bulan puasa ramadhan dimana orang yang tidur tidak punya kehendak dan pilihan atas apa yang menimpanya ketika tidur seperti keluarnya mani dari tubuhnya. jadi puasa orang yang mimpi basah saat ramadhan di siang hari tetap sah dan dapat dilanjutkan sampai maghrib.

Sah Puasa Mimpi Basah Siang Hari Ramadhan

seperti halnya seseoarang yang kemasukan nyamuk sampai ke tenggorokannya yang tidak membatalkan puasanya karena hal itu tidak disengaja dan bukan kehendak dari orang yang puasa. begitu juga Hukum Mimpi Basah Saat Puasa saat ramadhan di siang hari tidak membatalkan puasa orang tersebut karena tidak punya kehendak juga. hal ini tentu berbeda dengan orang yang mengeluarkan mani dengan sengaja ketika puasa di siang hari bulan ramadhan tentu membatalkan puasa pelakunya. seperti melakukan onani atau seseorang yang mencumbu istrinya hingga keluar mani maka puasanya batal karena dia berkehendak atas perbuatannya dan disengaja.

sebagaimana hadits sabda Nabi SAW dalam hadits qudsi ; "Allah berfirman : orang yang berpuasa itu meninggalkan makanan, minuman dan syahwat karena diri-Ku." (HR. Bukhari dan Abu Daud)
Hukum Mimpi Basah ketika Puasa
hadits qudsi

Kesimpulan

- Sah Puasa orang yang mimpi basah di siang hari bulan ramadhan
- Orang yang mimpi basah tetap melanjutkan puasanya sampai maghrib
- Orang yang mimpi basah wajib mandi junub

demikian artikel mengenai Hukum Mimpi Basah Saat Puasa dan baca juga Makanan Halal Di Singapura. selamat berpuasa.

11 komentar:

  1. haditsnya cukup jelas,artikelnya bermanfaat untuk membantu pemahaman tentang hukum-hukum saat berpuasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah dapat membantu mencerahkan
      dan terima kasih sudah mampir

      Hapus
    2. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Hapus
  2. asalamualaikum trima ksih krana bkongsi ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam terima kasih juga sudah berkunjung di
      artikel mimpi basah puasa batal apa tidak.

      Hapus
  3. Terlalu bertele2 terlalu basa bai. Jadi gak langsung ke inti. So. Susah dicerna jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf jika terlalu panjang pendahuluannya, lebih mudah
      silahkan baca langsung ke sub judul. terima kasih sudah
      mampir di artikel puasa mimpi basah hukumnya tetap sah

      Hapus
  4. Thanks infonya,sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya di artikel puasa mimpi basah sebelum sahur

      Hapus
  5. Artikelnya terlalu panjaaaaangg dan berbelit2 pada awalanya jadi agak membingungkan, tapi saya bisa dapat intinya pada akhir artikel. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf jika agak panjang. tips mudah, silahkan baca dari sub judul. terima kasih atas kunjungannya pada catatan puasa mimpi basah batal tidak

      Hapus

 

© 2013 Cara Puasa. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top